Thursday, July 2, 2015

Inilah Upaya Kemendagri Cegah Konflik Pilkada di Daerah

RiauCitizen.com, Politik - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen agar konflik saat pemilihan kepala daerah (pilkada) tidak terjadi. Karena itulah, Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (PPU) terus berkoordinasi dengan berbagai pihak penyelenggara pilkada, khususnya yang ada di daerah.

"Saya akan instruksikan kepala badan intelijen daerah di provinsi dan kabupaten/kota untuk koordiasi dengan berbagai stakeholder yang melaksanakan pilkada," kata Direktur Jenderal PPU, Soedarmo usai pelantikan 11 pejabat tinggi , di Gedung di Kemendagri, Jakarta, Rabu (1/7/15).

Orang yang baru menduduki jabatan barunya di Dirjen PPU itu mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan intelijen daerah guna mengamankan pilkada.

"Kan ada komite intelejen daerah. Mereka selalu melakukan pertemuan-pertemuan, shering informasi untuk deteksi dini hadapi potensi-potensi ancaman konflik pilkada," terang Soedarmo yang juga mantan Staf Ahli Bidang Ideololgi dan Politik Badan Intelijen Negara.

Dengan adanyashering informasi tersebut, lanjutnya, seluruh pihak di daerah dapat lebih awal mencegah konflik pilkada.

"Kita juga selalu koordinasi dengan institusi penyelengara pilkada. Paling tidak saya koordinasi dengan mereka termasuk aparat keamanan," ujarnya.(dow)

No comments:

Post a Comment